Minggu, 14 November 2010

tugas sarana prasarana

TUGAS MAKALAH
SARANA PRASARANA
PERALATAN OLAHRAGA ANAK (POA)
(GELANG RAJA)
KARYA TULIS INI DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU TUGAS MATA KULIAH
TAHUN PELAJARAN 2010/2011










DISUSUN OLEH KELOMPOK 7 :
RAHMAD RIYANTO (46)
RICO DWI ANORAGA (47)
RIZA TAUFIK D.U (48)
TOMI PAMBUDI (49)
ZAENURI (50)
KELAS
II – B

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Kota Kediri
Telp. (0354) 771576
Laporan ini disusun oleh :

Nama : RAHMAD RIYANTO (46)
RICO DWI ANORAGA (47)
RIZA TAUFIK D.U (48)
TOMI PRAMBUDI (49)
ZAENURI (50)
Kelas : II - B

Telah diperiksa, disetujui dan disahkan oleh Dosen Pembimbing :
Hari : ……………………..
Tanggal : ……………………..

Mengetahui :
Dosen Pembimbing


Ruruh Andayani B., S.Pd



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik dan lancar.
Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang suatu materi perkuliahan mengenai Peralatan Olahraga Anak (POA). Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Drs. H. Samari, SE. M.M
2. Bapak Drs. Sugito selaku Kaprodi Penjaskesrek
3. Ibu Ruruh Andayani B., S.Pd selaku Dosen Sarana Prasarana
4. dan semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Kami menyadari makalah ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya mendukung sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini dan makalah berikutnya.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa lainnya serta mendapat ridho dari Allah SWT, Amin.



Kediri, 11 November 2010

Tim Penyusun



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………………………… i
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………….. ii
KATA PENGANTAR ………………………………………………. iii
DAFTAR ISI …………………………………………………............ iv

BAB I : PENDAHULUAN
A. Tujuan …………………….………………………… 1

BAB II : PEMBAHASAN
A. Alat yang digunakan ..………..……………………. 2
B. Langkah – langkah ………………………………… 3

BAB III : PENUTUP
A. Saran ……………………………………………….. 4
B. Kesimpulan ……..………………………………….. 4


PENDAHULUAN

A. TUJUAN
Tujuan diadakannya Peralatan Olahraga Anak (POA) di pendidikan dasar atau pada usia produktif yakni usia anak-anak adalah untuk menstimulasi kekreatifan, kecerdasan, keaktifan, kelincahan dan respon anak pada suatu kegiatan yang diikuti oleh anak tersebut.

Dan wujud dari realisasi makalah ini adalah:
• Anak pada dasarnya akan dikenalkan tentang beberapa olahraga yang masuk dalam kategori atletik. Antara lain lempar cakram dan lempar lembing


PEMBAHASAN

A. Alat yang di gunakan
1. Gelang Raja 3 buah
2. Petak 6 buah

B. Langkah-langkah
LEMPAR CAKRAM
1. Menggunakan materi dasar lempar cakram,yaitu dengan cara lempar dari posisi berdiri ,posisi berdiri kaki sejajar/parallel atu posisi berdiri kaki depan belakang,ayun bola ke belakang dan lempar, (lihat Gambar No.1).Alat-alat tersebut disusun sedemikian rupa sehingga membentuk metode seperti lempar cakram, (Lihat Gambar No.2)















2. Peserta didik akan dibagi menjadi 3 kelompok sama rata. Dengan materi POA yang sama.
3. Di sediakan 3 petak diujung garis,seorang melempar gelang raja harus mengenai sasaran yang telah di tentukan.
4. Setelah itu sasaran lempar yaitu berupa petak
5. Aktifitas ini dilakukan sampai peserta didik di ke tiga kelompok mendapat giliran semua.
6. Peserta didik melakukan lemparan ini tidak hanya sekedar melempar saja, melainkan adu ketangkasan dan ketepatan dengan kelompok lain.


LEMPAR LEMBING
1. Menggunakan materi dasar lempar cakram,yaitu dengan cara lempar dari posisi berdiri ,posisi berdiri kaki sejajar/parallel atu posisi berdiri kaki depan belakang,ayun bola ke belakang dan lempar, (lihat Gambar No.1).Alat-alat tersebut disusun sedemikian rupa sehingga membentuk metode seperti lempar lembing, (Lihat Gambar No.2)





















2. Peserta didik akan dibagi menjadi 3 kelompok sama rata. Dengan materi POA yang sama.
3. Di sediakan 3 petak diujung garis,seorang melempar gelang raja harus mengenai sasaran yang telah di tentukan.
4. Setelah itu sasaran lempar yaitu berupa petak
5. Aktifitas ini dilakukan sampai peserta didik di ke tiga kelompok mendapat giliran semua.
6. Peserta didik melakukan lemparan ini tidak hanya sekedar melempar saja, melainkan adu ketangkasan dan ketepatan dengan kelompok lain.




















PENUTUP

A. SARAN
Sebaiknya kegiatan ini jangan terlalu sama dengan kegiatan aslinya (Lempar cakram dan Lempar lembing), peserta didik cukup tahu dan mengenal tentang beberapa olahraga cabang Atletik.

B. KESIMPULAN
Kegiatan ini dari awal sifatnya hanya sebagai sarana pembelajaran sekaligus sarana bermain. Karena pada usia ini, otak anak mengalami masa perkembangan. Jadi semua hal harus bersifat menarik agar peserta didik suka dan tertarik untuk lebih mendalaminya kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar